Minggu, 13 Januari 2008

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Jaringan : Merupakan jaringan antar komputer yang menghubungkan satu komputer dengan jaringan lainnya. untuk menyusun jaringan ini, diperlukan perencanaan dari jaringan yang dibangun yang disebut dengan topology. scope jaringan itu sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu LAN, WAN, dan MAN. Perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung jaringan diantaranya card jaringan.

Converged Network : Jaringan yang merangkum seluruh kebutuhan komunikasi baik suara, gambar dan data dalam satu jaringan dan satu layanan.

Wireless LAN : Jaringan komputer yang terhubung melalui tanpa kabel. Local Area Network dari komputer dan peralatan lainnya yang berkomunikasi lewat sinyal radio atau gelombang cahaya. Sistem ini berguna apabila penyambungan lewat koneksi kabel atau serat optik cukup mahal atau untuk aplikasi koneksi bergerak.

Teknologi komunikasi data dengan tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan antara klien dan server. Secara umum teknologi Wireless LAN hampir sama dengan teknologi jaringan komputer yang menggunakan kabel (Wire LAN atau Local Area Network). Teknologi Wireless LAN ada yang menggunakan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data yang tentunya mengurangi kebutuhan atau ketergantungan hubungan melalui kabel. Akibatnya pengguna mempunyai mobilitas atau fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi. Teknologi Wireless LAN juga memungkinkan untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.

UNInet : Jaringan antar 5 universitas di Indonesia yang dibangun pada tahun 1980-an. Pada awalnya jaringan ini terhubung satu dengan lainnya melalui koneksi dial-up.

Kelima universitas yang terhubung tersebut yaitu Universitas Indonesia (UI, Jakarta), Universitas Terbuka (UT, Jakarta), Institut Teknologi Bandung (ITB, Bandung), Universitas Gajah Mada (UGM, Yogyakarta) dan Institut Teknologi Surabaya (ITS, Surabaya). Jaringan ini melewatkan maksimum data sebesar 2 Mb per bulan.

Pada akhirnya jaringan ini tidak dapat berkembang karena kurangnya dana dan infrastruktur yang belum memadai.

Distributed data processing : Jaringan pemrosesan data terdistribusi terdiri dari banyak komputer yang tergabung di dalam suatu jaringan komputer dimana antara yang satu dengan yang lain dapat saling membantu. Misalnya, sebuah komputer anggota jaringan ingin memproses suatu data tetapi fasilitas lokal yang tersedia tidak memadai, maka komputer tersebut dapat minta bantuan pada komputer lain pada jaringan terebut untuk memproses datanya dan apabila telah selesai mengirimkannya kembali.

Edunet : Jaringan komputer yang digunakan pada perguruan tinggi.

WiFi access point : Suatu peralatan teknologi tempat interkoneksi tanpa kabel ke berbagai perangkat, access point ini merupakan pusat interkoneksi tersebut.

Hotspot WiFi : Jangkauan dari jaringan WiFi, digunakan untuk interkoneksi tanpa kabel antar berbagai perangkat, misalnya notebook, PDA, dll.

Wireless Fidelity : Disingkat dengan WiFi. Merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel alias wireless LAN.

Tidak ada komentar: